Cara Mengatur Keuangan Anda

Selamat sore sobat blogger, pada postingan kali ini saya akan berbagi tips cara mengatur keuangan anda, apalagi teman-teman yang mahasiswa atau yang kost jauh dengan orang tua, harus bisa mengatur keuangan semaksimal mungkin, sehemat mungkin. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan dalam mengelola uang anda agar lebih hemat dan lebih bermanfaat.


1. Mengumpulkan
Untuk mendapatkan uang, tentu anda tidak bisa berdiam diri dan berpangku tangan saja, anda harus punya pendapatan sendiri, bisa dengan kerja sampingan, bisnis online, kerja di warnet, jadi pengajar, dan lainnya.

2. Mengeluarkan
Gunakanlah uang anda secara bijak, sesuaikan dengan kebutuhan anda, bukan keinginan anda, kurangi belanja yang tidak perlu, hemat penggunaan bensin, pulsa, listrik, dan lainnya.

3. Menyimpan
Simpanlah uang anda dengan menabung di bank, sisihkan sedikit uang jajan anda untuk ditabungkan, karena  orang bijak berkata rajin menabung pangkal kaya. hehe.. 

4. Investasikan
Mulailah untuk belajar berinvestasi, bisa dalam bentuk property, saham, obligasi, emas, dan lainnya. Tetapi untuk berinvestasi, konsultasi terlebih dahulu dengan pakar investasi untuk menghindari kerugian di masa datang.

5. Memberi
Mengapa memberi? Apakah itu penting? Menurut saya itu sangat penting, karena dengan memberikan sedikit bantuan kepada orang lain, itu berarti anda sudah berinvestasi untuk kehidupan masa depan orang itu. Dan dalam Islam, sangat dianjurkan untuk bersedekah, dengan bersedekah, itu membuktikan bahwa anda termasuk orang yang bersyukur dan insya allah akan mendapatkan imbalan yang berkali lipat dari Allah SWT.

6 comments:

  1. nice info gan :)
    q paling ga bisa nyimpan uang banyak,soal uangnya ga prnh banyak.. ehehhe
    XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,, terus menabung aja gan.. thanks dah komen... :D

      Delete
  2. hehehhe....gmn mengatur uang kl pas-pasan..!

    bang....? cara membuat related post gimn..? spt di blog mu inilah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya.. dihemat pelan-pelan aja gan... hehe,, itu udah saya share cara bkinnya.. thanks dh berknjung.. :D

      Delete