Cara Meredam Amarah Ketika Ada Masalah

Marah, pernahkan anda marah? atau mungkin dimarahi? hmm... setiap orang pasti pernah mengalami itu. Banyak hal di dunia ini yang tidak sesuai dengan harapan kita, banyak hal di dunia ini yang tidak kita sukai, oleh karena itu luapan emosi terkadang sangat dibutuhkan agar bisa membuat hati kita lega. Adalah hal yang buruk jika seseorang selalu menyimpan emosinya untuk kurun waktu yang lama, sehingga ketika emosi itu pun tak terbendung lagi. Marah pun diperlukan untuk itu, tetapi dengan batas-batas yang wajar dan tidak membahayakan orang lain.


Kemarahan yang tidak terkendali adalah hal yang paling buruk, akal sehat pun dibelakangkan, apa pun itu, siapa pun itu tidak ada yang benar, kecuali diri kita sendiri. Dampaknya tidak hanya terhadap orang-orang sekitar, tetapi juga diri kita sendiri. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk bisa mengontrol emosi, meredam amarah ketika kita ada masalah.

Beberapa cara jitu meredam amarah kita:

1. Tarik nafas anda dalam-dalam dan rasakan apa yang orang lain rasakan.
Coba anda bayangkan anda ada diposisi orang yang anda marahi, bagaimana rasanya jika anda dimarahi secara membabi buta tanpa tujuan yang jelas. Anda akan merasakan sesuatu yang tidak enak kan? anda pasti akan lebih senang jika orang itu berbicara secara baik-baik dengan anda.

2. Berfikirlah yang rasional sebelum bertindak
Coba anda pikirkan, apakah anda layak marah pada tingkat permasalahan yang seperti itu, apakah dengan marah bisa menyelesaikan masalah, yang ada malah akan membuat orang yang anda marahi merasa tersinggung dan berujung pada perkelahian, sehingga memperpanjang masalah yang harusnya bisa jadi pendek. 

3. Bawa diri anda ke tempat yang nyaman.
Tidak perlu ketempat yang jauh-jauh, tenangkan diri anda di kamar atau di teras rumah dengan segelas teh dingin, dengan diiringi musik kesayangan anda.

4. Katakanlah pada diri anda, bahwa anda adalah orang yang baik.
Ingatlah beberapa kata yang menggambarkan kebaikan dari diri anda, misal : bijaksana, mudah memaafkan, murah senyum, tidak mudah marah, toleransi dan lainnya. Yakinkan bahwa anda tidak perlu marah, yang penting mencari solusi.

5. Cari teman untuk cerita.
Manusia sangat butuh tempat berbagi, baik itu teman, pacar, atau orang tua. Ceritakan apa yang anda alami, sehingga dia bisa memberikan solusi untuk anda.

6. Cari aktivitas yang bermanfaat.
Untuk menyelesaikan suatu masalah, maka tenangkanlah pikiran anda sejenak dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat, seperti : olahraga, bermain musik, nonton film dan lainnya.

7. Jika masih marah maka berwudhu dan laksanakan sholat.
“Sesungguhnya marah-marah dari Setan, dan sesungguhnya setan diciptakan dari api, dan sesungguhnya api dimatikan dengan air. Maka ketika salah satu kalian marah-marah maka hendaklah berwudhu.” (HR. Abu Dawud).

15 comments:

  1. . . kalo aq sich,, langsung nyalain mp3 aja dech. jadi nya sedikit demi sedikik akan redah sendiri. tapi kalo bener^ marah mungkin aq langsung baca buku yg kocak abiz agar aq bisa tertawa. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren juga tuh gan,, jadinya gak bakal pengen marah lagi, malah jadi ketawa terus.. :D

      Delete
  2. memang sulit ya meredam amarah yang membara, terkadang kalo sudah marah, seseorang sering nggak bisa kontrol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,, memang tidak semudah yang kita bayangkan,, tetapi itu pasti bisa kalau kita mulai sedikit-demi sedikit dari sekarang gan,.. :D
      Thanks for comment..

      Delete
  3. menarik sekali tipsnya dapat dicoba, thx dah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupzz.. silahkan gan,, semoga berhasil.. :D

      Delete
  4. point yang terakhir ane suka baget guys...mampir2 ya di blog aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuppzz.. biasanya kalau udah wudhu tuh emang pikiran terasa lebih tenang gan.. :D
      Thanks kunjungannya.. Lam kenal..

      Delete
  5. Point nomor 7 gan, tips tersebut terbukti ampuh dan sangat jitu untuk meredam amarah, sy pribadi sejauh ne lebih menerapkan cara tersebut utk meredam amarah ditengah2 aktifitas pekerjaan maupun dirumah...nice tips gan,sangat bermanfaat... semoga bagi kita yang selama ini kurang dapat mengontrol amarahnya dapat menerapkan tips2 diatas agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik..terimakasih atas sharenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuupppzz.. memang benar gan, setelah berwudhu dan shalat rasanya plong, emosi kita jadi lebih stabil..
      Semoga saja tips ini dapat bermanfaat untuk sobat-sobat yang lain.. amin.. :D
      Thanks juga atas kunjungannya gan,, :D

      Delete
  6. Replies
    1. sama-sama sob.. thanks atas kunjungannya.. :D

      Delete
  7. Point 5 menegaskan pentingnya CURHAT, tak pelak untuk lelaki sekalipun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali gan.. thanks atas kunjungannya.. :D

      Delete
  8. cara redakan amarah ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    ReplyDelete