Tips Sederhana Mengatasi Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota, khususnya bagi kaum wanita, semua orang selalu memperhatikan kesehatan rambutnya, kecuali yang tidak. Tetapi, bagaimana kalau rambut kesayangan kita itu rontok? Tentu ini menjadi masalah yang perlu diperhatikan, selain membuat kita tidak nyaman, ini juga membuat penampilan kita kurang dan tidak percaya diri.

Sebenarnya rambut rontok ini biasanya disebabkan oleh zat-zat kimia yang berbahaya, penyakit kulit, stress berat, dan bisa juga karena keturunan. Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasinya? Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, cukup dengan cara-cara yang sederhana saja. Apa sajakah itu? Mari kita simak.

1. Kurangi mewarnai, mengkriting atau meluruskan rambut anda, karena jika terlalu sering akan menyebabkan rambut anda rapuh dan kering.

2. Biarkan rambut kering dengan sendirinya, kurangi menggunakan hair dryer, anda bisa menggunakan handuk sebagai penggantinya.

3. Jangan menyisir rambut ketika rambut basah, karena dapat menyebabkan protein kutikula pada rambut anda hilang.

4. Konsumsilah makanan yang mengandung protein tinggi, seperti telur, ikan dan lainnya, karena protein baik untuk pembentukan jaringan baru. Dan kurangi juga mengkonsumsi minuman beralkohol.

5. Ketika anda mandi, biasakan memijat kulit kepala anda dengan shampoo agar memperlancar peredaran darah dan nutrisi ke akar-akar rambut.

6. Kurangi memakai topi atau helm dalam jangka waktu yang lama, karena dapat menyebabkan rambut lembab dan tidak sehat.

7. Hindari stress dan usahakan tidur yang cukup. 

8. Jika rambut rontok disebabkan keturunan, anda bisa mencoba larutan yang ada kandungan minoxidilnya, karena zat ini dapat mengembalikan kesuburan rambut, sebaiknya anda langsung konsultasi dengan dokter mengenai penggunaannya.

1 comment:

  1. terima kasih banyak telah berbagi informasi tentang tips sederhana mengatasi rambut rontok... semoga tuhan memberikan yang terbaik bagi kita semua

    ReplyDelete