Tips Sebelum Mengikuti SNMPTN Tertulis

SNMPTN, siapa yang tidak tahu tentang jalur masuk perguruan tinggi negeri ini. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri satu ini sangat ketat. Ada sekitar ratusan ribu peserta baik dari SMA/SMK atau yang mengulang untuk kesekian kalinya. Tentunya  untuk mengikuti tes SNMPTN ini diperlukan persiapan yang matang.  

Ada beberapa tips yang bisa dicoba agar bisa maksimal dalam mengikuti tes SNMPTN ini
1. Untuk yang sedang mengikuti SNMPTN jalur undangan, anda juga harus tetap mempersiapkan diri untuk mengikuti tes ini, karena pengalaman saya, jika kita tidak lulus SNMPTN undangan maka kita akan sulit untuk bisa fokus lagi dengan jalur tertulis ini.

2. Beli dan Pelajarilah buku-buku SNMPTN yang banyak dijual di toko buku.

3. Sering-sering mengerjakan soal sendiri, ulangi dan ulangi terus sampai anda benar-benar paham.

4. Pilihlah jurusan yang perbandingan antara kuota dan peminatnya yang kira-kira tidak terlalu banyak saingan. Alasannya : SNMPTN tertulis tahun yang lalu, banyak peserta yang mencapai nilai tinggi tetapi tidak lulus, contoh kuota untuk jurusan X ada sekitar 30, dan misal anda mendapat nilai 8,9 tetapi di atas anda ada 30 orang dengan nilai 9, maka anda dipastikan tidak lulus SNMPTN.

5. Sadari kemampuan anda, jangan pernah sombong (bedakan antara optimis dan percaya diri berlebihan). Jika anda merasa tidak bisa menyingkirkan sekitar 1000 orang pesaing anda maka harap pertimbangkan lagi. Sesuaikan dengan seberapa besar persiapan yang selama ini sudah anda lakukan.

6. Pilih jurusan sesuai dengan skill yang anda miliki. Jangan ikut-ikutan teman.

7. Ketika akan mengerjakan soal, tenangkan diri anda, fokus dan berdoalah, yakin anda bisa.

8. Kerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu yang anda yakini anda bisa mengerjakannya, karena biasanya ada sistem plus minus dalam penilaiannya.

9. Berdoalah dan Ikhlaskan apa pun hasilnya nanti. Tetap optimis dan semangat.

0 komentar:

Post a Comment