Badai Matahari Tidak Perlu Dikhawatirkan

Seperti yang dikutip melalui situs vivanews.com bahwa badai matahari akan terus meningkat, dan mencapai puncaknya pada tahun 2013. Pada selasa 6 maret 2012 yang lalu juga telah terjadi lontaran dua lidah raksasa matahari dan hal tersebut sempat menyebabkan sedikit badai di bumi walaupun tidak merusak sistem satelit bumi.

Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar badai matahari? sebenarnya badai matahari ini tidak perlu menjadi momok yang menakutkan bagi kita, karena memang badai matahari ini terjadi setiap saat dan alamiah. Dampak yang ditimbulkan oleh badai matahari ini bisa berupa radiasi yang akan merusak sistem satelit dan telekomunikasi, itu pun jika badai mataharinya sangat besar, jadi tidak akan berdampak pada makhluk hidup yang ada di bumi ini. (sejauh ini).

Nah pada tahun 2013 inilah terjadinya puncak siklus badai matahari yang diperkirakan akan berlangsung sekitar beberapa bulan kedepan. Dampak yang dikhawatirkan oleh ilmuwan adalah kerusakan sistem satelit bumi dan gangguan GPS dan lainnya. Jadi bukan seperti asumsi orang-orang yang mengatakan bahwa badai matahari akan menyembutkan apinya hingga sampai ke muka bumi ini.

Dampak yang sangat terlihat terjadi di kawasan kutub utara dan selatan bumi, di daerah tersebut akan muncul aurora yang indah, aurora ini adalah bentuk pancaran cahaya yang menyala-nyala di atmosfer bumi akibat reaksi medan magnet bumi dengan pancaran muatan matahari (wikipedia.org).

Jadi, jika ingin antisipasi terhadap badai matahari yang besar maka persiapkanlah berbagai peralatan, kebutuhan, uang, dan lainnya, karena jika terjadi kerusakan satelit dan telekomunikasi, maka untuk menggunakan telepon, transaksi uang di ATM atau Bank tidak bisa dilakukan, jadi uang pun akan sulit didapatkan, kecuali kita mempunyai tabungan uang di bawah kasur, atau di celengan kita. Pesan saya jangan termakan isu yang mengatakan badai matahari itu sangat-sangat berbahaya dan isu lainnya, tetap tenang dan tingkatkan iman, semoga Allah SWT tetap melindungi kita. Amin. :)

4 comments: