Hati-Hati Dengan Serangga Tomcat

Serangga tomcat belakangan ini semakin banyak dibicarakan. Bukan karena dia ganteng, bukan juga karena dia pakai baju polisi, atau lainnya,hehe.. tetapi karena serangga ini meresahkan dan membahayakan manusia. Dampak yang ditimbulkannya pun tidak bisa dipandang sepele, karena mengakibatkan gatal-gatal dan kulit melepuh. Kasus ini belakangan banyak terjadi di daerah Surabaya, ada sekitar 48 pasien dari tujuh puskesmas di daerah tersebut yang mengalami kulit gatal-gatal dan melepuh.(dikutip dari vivanews.com ,Senin 19/03/2012).
Serangga jenis ini merupakan famili kumbang, tetapi bentuk tubuh yang pipih seperti semut besar dengan segmen-segmen tubuh berwarna hitam dan merah dan terbang dengan arah vertikal.

Serangga tomcat ini sebenarnya tidak menyengat atau menggigit, tetapi serangga ini mengeluarkan sejenis cairan yang dapat menyebabkan alergi atau gatal-gatal pada kulit manusia. Bahayanya lagi tomcat ini dapat juga menularkan cairannya melalui pakaian, handuk dan lainnya. Cara mengatasinya tentu dengan mencuci dan membersihkan pakaian yang terkena cairan dari tomcat ini.

Beberapa tindakan yang perlu diambil jika kulit kita terkena cairan tomcat ini:
1. Segera cuci kulit yang terinfeksi dengan sabun, jangan dengan odol atau minyak gatal lainnya karena akan memperparah.
2. Segeralah lapor ke puskesmas terdekat.
3. Gunakan obat salep yang dianjurkan dokter.
4. Usahakan jangan menggaruk-garuk kulit anda walaupun merasa gatal.
5. Berdoalah kepada tuhan agar diberikan kesembuhan. Amin.  :)

0 komentar:

Post a Comment