Pandai Memanfaatkan Peluang

Hidup penuh tantangan, hidup tentu penuh pilihan. Tidak ada satu orang pun yang hidup di dunia ini tanpa adanya pilihan. Sekali kita salah menentukan pilihan, maka bersiap-siaplah untuk menikmati hasilnya. Adanya pilihan dalam hidup tentu tak luput dari yang namanya peluang. Orang yang cerdas adalah orang yang mampu memanfaatkan peluang yang ada semaksimal mungkin.

Apakah orang yang rajin belajar itu pasti akan sukses? Jawabnya tidak, orang yang rajin belum tentu sukses, tetapi orang yang rajin memiliki peluang untuk sukses lebih banyak dari orang yang malas. Orang yang malas hanya punya sedikit peluang, itu pun sangat sulit. 

Ada juga orang yang mengatakan apa yang terjadi pada dirinya itu adalah apa yang ditakdirkan oleh tuhannya. Kata-kata "Yah sudahlah, itu takdir" adalah kata-kata yang banyak diucapkan ketika kita gagal dalam berusaha. Memang semua hal tuhan yang menentukan hasilnya, tetapi kitalah yang memegang kendali dari apa yang telah tuhan berikan. Menurut saya sendiripun, takdir itu adalah apa yang kita telah kita lakukan, apa yang kita perbuat. Jadi selama kita mampu memanfaatkan peluang yang ada, kita bisa mengendalikan hidup kita.

Ada sebuah cerita inspiratif dari seorang yang jomblo forever.
Suatu hari si Jomblo datang ke supermarket "JODOH", di supermarket ini menyediakan berbagai wanita-wanita yang dapat dijadikan pacar atau istri. Terdiri dari 5 Lantai, setiap lantainya menyediakan wanita-wanita yang berbeda. Ketika masuk ke supermarket ini, si Jomblo melihat dipojok kiri bertuliskan, "Lantai 1: Wanita yang cantik". Dia pun langsung menuju ke lantai 1, dan dilihatnya banyak wanita cantik, dia pun sampai bingung memilih. Ketika sedang asyiknya, dia melihat lagi dipojok kiri ruangan bertuliskan "Lantai 2: Wanita cantik dan setia" Wah dalam hatinya siapa yang tidak mau wanita cantik dan setia. Dia (si Jomblo) langsung menuju lantai 2 dan dilihatnya wanita-wanita cantik yang setia. Diapun bingung lagi, seketika dia melihat kepojok ruangan, ada lagi yang bertulisan "Lantai 3: Wanita cantik, setia, dan pintar masak". Waduh.. mana ada cowok yang tidak tertarik dengan wanita yang seperti itu, sudah cantik, setia, pintar masak lagi.. si Jomblo pun langsung lanjut ke lantai 3 dan dilihatnya banyak wanita yang cantik, setia, dan pintar masak, ketika dia sedang memilih-milih dipojok ruangan ada tulisan "Silahkan masuk ke lantai 4" apa yang ada dilantai 4, "Lantai 4: Wanita cantik, setia, pintar masak, dan pintar menghasilkan duit" Wah....Ini lebih komplit katanya si Jomblo. Lagi-lagi si jomblo pun meninggalkan lantai 3 dan sampai di lantai 4 di pun disuguhi wanita-wanita yang pintar, setia, pintar masak, dan pintar menghasilkan duit pula. Seketika itu, dia pun bertanya-tanya lagi, "Dimana lantai 5?, apa yang ada dilantai 5? Dia pun mencari dipojok ruangan bertuliskan, "Lantai 5: WANITA SEMPURNA"... Wah.. inilah yang si Jomblo cari-cari dari tadi, dia pun sangat senang sambil berkata "selamat tinggal lantai 1, 2, 3, dan 4..hehe" . Dan sampailah dia di lantai 5, lalu dia melihat ke kanan dan ke kiri tak ada siapapun, yang ada hanya seorang security di pojok ruangan, lalu si Jomblo ini tadi pun bertanya kepada securitynya. "Mana wanita yang sempurna? Katanya dilantai 5 ini menyediakan wanita-wanita yang sempurna? Mana?...Mana?..". Lalu si Security pun menjawab : "Di Lantai 5 ini tidak ada siapa-siapa, karena memang tidak ada wanita yang sempurna, semua orang punya kekurangan, tidak ada wanita seperti yang anda bayangkan, Maaf.. Silahkan anda keluar ikuti jalur ini." Si Jomblo tadi pun terpaksa keluar dengan hati yang sangat kecewa,meninggalkan supermarket tadi dan kembali kejalanan menjomblo lagi..Hehe.. Kasian..

Nah..dari cerita di atas kita bisa ambil intinya bahwa si Jomblo tadi adalah orang yang tidak puas dan tidak bisa memanfaatkan peluang yang sudah dia miliki. Dia sudah dihadapkan dengan beberapa pilihan, namun tak ada satupun pilihan itu yang dia ambil pada akhirnya, karena sifatnya yang selalu ingin mendapatkan yang sempurna.

Oleh karena itu, selagi kita punya kesempatan, selagi kita punya peluang, maka manfaatkanlah detik itu juga, karena kesempatan tidak akan datang dua kali, seperti pepatah "yesterday is memory, tomorrow is mystery, and today is gift". So, mari kita manfaatkan hadiah itu sebaik-baiknya.

2 comments:

  1. Saya setuju dengan isi artikelnya sob. Kita memang harus memanfaatkan segala waktu yang diberikan Allah kepada kita. Kesempatan hanya datang sekali dan harus kita manfaatkan dan isi dengan hal yang bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seep... tidak akan ada waktu kan terulang walau sedetik pun... :D Mari kita hargai waktu sebaik mungkin gan,.. Thanks atas kunjungannya.. :D

      Delete