Misteri Dibalik Berbicara Saat Tidur

Pernahkah anda melihat saudara atau teman anda berbicara saat mereka tidur? mungkin anda sendiri pernah mengalaminya? ya, saya pun pernah, bahkan hampir sering. Orang-orang biasa menyebut kebiasaan ini dengan istilah mengigau, biasanya yang mereka ucapkan bisa berupa kata-kata yang jelas atau sekedar gumaman.
Orang yang mengalaminya biasanya tidak dapat mengingat apa yang mereka ucapkan saat mereka sedang tertidur pulas tadi. Ada juga diantara mereka yang merasa lelah ketika bangun dari tidurnya. Dalam dunia medis perilaku seperti ini disebut parasomnia. Sebenarnya mengigau ini tidak hanya sekedar berbicara saat tidur, tetapi juga termasuk berjalan dan mengompol disaat tidur.

Menurut penelitian hampir sekitar 60 persen penduduk di dunia pernah mengalami perilaku tersebut, seperti dikutip dari everydayhealth.com. "Hampir semua orang mungkin pernah mengigau, namun tak ada yang tahu penyebabnya," kata Russell Rosenberg, PhD, yang adalah ketua dari National Sleep Foundation Atlanta.

Berbicara disaat tidur biasanya dapat disebabkan oleh faktor-faktor tertentu, misalnya konsumsi alkohol yang berlebihan sebelum tidur, bisa juga akibat demam tinggi, stres kejiwaan, dan pengaruh obat-obatan tertentu. 

Rosenberg mengatakan bahwa kalimat yang diucapkan orang yang mengalami itu biasanya bukan merupakan refleksi dari kehidupan nyata mereka. "Ada juga mitos yang mengatakan bahwa rahasia mereka dapat terungkap saat tidur, mitos itu jelas tidak benar, apa yang mereka bicarakan jelas tidak ada hubungannya dengan kenyataan yang terjadi pada mereka."

1 comment:

  1. wah, ini nih, yang paling buat kesel saya.

    kebiasaan yang paling memalukan dalam hidup saya ini gan...

    wkwkwkw...
    :'D

    ReplyDelete