Konsep dan Generalisasi

Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata "Konsep" dan "Generalisasi"? Hmm...tidak sulit untuk memahami ini, mari kita bahas satu per satu. Konsep adalah suatu bentuk penyederhanaan dari suatu gagasan. Bisa dibilang suatu kata yang menggambarkan suatu hal, misal "Pintu, Meja, Kursi". Contoh lain konsep dalam hubungan internasional, misal "Legitimasi", "Foreign Policy".
Sedangkan "Pajak", "Inflasi" contoh konsep dalam kehidupan ekonomi. Untuk mempelajari suatu bidang ilmu, tentu kita harus memahami konsep apa saja yang ada didalamnya.

Beberapa fungsi konsep :
1. Penting dalam hal pemikiran dan komunikasi.
2. Memberikan pemahaman tentang suatu sudut pandang tertentu.
3. Sebagai simbol, kategorisasi dan penataan terhadap suatu fenomena.

Lalu apa itu "Generalisasi"? Menurut Mohtar Mas'oed dalam bukunya "Displin dan Metodologi", Generalisasi adalah suatu pernyataan tentang hubungan antara dua konsep atau lebih. Contoh dua konsep ini : "Legitimasi" dan "Kemakmuran"  dapat dibuat suatu pernyataan (Generalisasi) sederhana: "Legitimasi pemerintah akan meningkat ketika ekonomi suatu negara makmur".

Generalisasi ini sangat penting, khususnya dalam Ilmu Hubungan Internasional, antara lain:
1. Generalisasi memberikan suatu deskripsi yang lebih kompleks mengenai suatu fenomena. Contoh : "Negara A lebih maju dari Negara B", pernyataan ini berguna, tetapi akan lebih memberikan pengetahuan jika dibuat pernyataan atau generalisasi seperti ini : "Negara yang industri teknologinya tinggi akan lebih maju daripada negara yang industri ekonominya konvensional dan ekstraktif."
2. Generalisasilah yang menjadi landasan dalam meramalkan dan mendeskripsikan suatu fenomena.

Sehingga kemampuan eksplanatoris atau menjelaskan suatu fenomena tertentu sangat ditentukan oleh kuat atau tidaknya generalisasi yang digunakan. Dalam kata lain, semakin valid suatu generalisasi maka semakin kuat eksplanatoris suatu ilmu.

2 comments:

  1. oh jadi untuk menyatakan suatu hubungan dari dua konsep itu namanya Generalisasi?

    susah mudeng sih, tapi info yang bagus. menambah wawasan kita juga

    ReplyDelete